Ini Doa Menyembelih Hewan Qurban Yang Tepat


Kamu yang hendak berqurban di tahun ini, sudah tahu belum bagaimana doa menyembelih hewan qurban yang tepat? Kalau belum tenang saja. penyembelihan hewan qurban adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Bahkan tidak ada ibadah yang lebih dianjurkan pada hari raya idhul adha kecuali menyembelih hewan qurban.

Nah, agar menyembelih hewan qurban semakin bermakna dan memperkuat niat kita. tentu saja harus diawali dengan doa yang dilafaldkan. Entah itu dengan diucap atau cukup dalam hati saja sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan niat. Berikut adalah doa menyembelih hewan qurban secara langkap.

Doa Menyembelih Hewan Qurban

Silakan baca: Allohumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim, bila diartikan kurang lebih (Ya Allah, Tuhanku, hewan dihadapanku ini adalah nikmat yang berasal dari-Mu. Dan dengan ini pula aku bertaqarrub kepada-Engkau. Maka Terimalah taqarrubku ya Tuhan yang maha pemurah).

Keterangan: doa tersebut bisa kita temukan dalam beberapa kitab agama, diantaranya ada di kitab karya Sayid Utsman bin Yahya yang diberi judul Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam. Atau bisa juga kita temukan dalam kitab karya Syekh M Nawawi bin Umar Banten yang berjudul Tausyih ala Ibni Qasim. Juga masih ada dibeberapa kitab lain.

Tetapi sebelum kita membaca doa tersebut, ada baiknya kita mengikuti tata cara yang dianjurkan dalam kitab. Misalnya yang dianjurkan oleh Syekh M Nawawi Banten dalam Tausyih ala Ibni Qasim, dimana beliau menganjurkan agar kita mengucapkan doa saat mengambil ancang-ancang ketika hendak menyembelih hewan qurban.

Juga beliau menyarankan agar agar kita menghadap ke kiblat saat kita telah siap menggoreskan pisau potong kita seraya sambil membaca basmallah secara lengkap. baru setelah itu kita dianjurkan untuk membaca sholawat kepada rosululah serta diakhiri dengan takbir tiga kali. Baru kemudian setalah kita menghadap ke kiblat dan sebelum kita menyembelih hewan qurban, kita baru membaca doa sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Tata Urutan Menyembelih Hewan Qurban

Nah kalau diurutkan apa yang dijelaskan oleh Syekh M Nawawi Banten dalam Tausyih ala Ibni Qasim adalah sebagai berikut:

Pertama membaca “Bismillâh yang berarti “Dengan nama Allah” atau bisa juga dibaca lengkap dengan “Bismillâhir rahmânir rahîm” yang berarti  “Dengan menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

Kedua membaca sholawat yang ditujukan kepada baginda Rasulullah SAW. Lafaldnya: Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad. Bila diartikan, “Ya Allah Tuhanku, limpahkan rahmat Mu kepada Nabi Muhammad SAW dan seluruh keluarganya.”

Ketiga adalah membaca takbir sebanyak tiga kali dan tahmid cukup sekali saja. lafaldnya Allâhu akbar 3x, walillâhil hamd

Keempat, baru kemudian membaca doa sebagaimana yang tertera di atas. Untuk takbir, bisa saja dibaca sebelum basmallah. Sebagaimana yang dianjurkan dalam kita tersebut.

Nah itulah doa menyembelih hewan qurban secara lengkap dengan tata cara dan artinya. Yang perlu kita pahami, doa tersebut adalah bagian dari niat kita dalam berkurban. Jelas bahwa dalam doa tersebut terkandung makna yang begitu mendalam. Ada semacam penyerahan diri dan rejeki kita hanya kepada Allah SWT. Jadi harapanya setelah kita berkurban, keimanan kita kepada Allah SWT dan cinta kita pad rosulullah semakin bertambah. Juga, kasih sayang kita kepada sesama manusia semakin baik.

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply