Seperti Inilah 4 Efek Samping Dari Operasi Caesar Dalam Jangka Panjang

Proses persalinan pada kaum ibu zaman dulu dengan kaum ibu zaman sekarang, bisa dikatakan mengalami perbedaan yang cukup jauh. Jika pada zaman dulu banyak sekali ibu yang melahirkan secara normal, berbeda halnya dengan zaman sekarang dimana banyak ibu yang lahir melalui operasi caesar. Dengan begitu, tak heran jika proses persalinan secara normal jarang sekali di temui di zaman sekarang ini. Meskipun banyak ibu yang memilih proses persalinan secara caesar, tapi tak sedikit juga diantara mereka yang belum tahu tentang efek samping dari operasi caesar. Bahkan, efek tersebut bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi tentang efek operasi caesar, ada baiknya jika kita simak ulasan dibawah ini mengenai 4 efek samping dari operasi caesar dalam jangka panjang :

  1. Rasa Sakit Pada Perut Bekas Luka Jahitan

Efek samping yang pertama adalah rasa sakit pada perut dikarenakan bekas luka jahitan. Seperti yang kita ketahui bahwa operasi caesar dilakukan dengan cara pembedahan, dibagian perut sang pasien sehingga terdapat sobekan yang cukup besar, yang kemudian perut akan dijahit kembali. Rasa sakit yang cukup menyakitkan pada bagian perut kerap muncul, ketika anda sedang tertawa atau batuk.

  1. Pergerakan Yang Terbatas

Efek samping yang kedua adalah pergerakan yang terbatas. Dalam proses masa pemulihan dan penyembuhan, anda diharuskan untuk beristirahat secara total kurang lebih sekitar 3 bulan lamanya. Tentu saja dengan diharuskannya beristirahat total selama bulan, membuat pergerakan anda menjadi terbatas. Jika pada awalnya anda terbiasa dengan kegiatan seperti beres-beres rumah, kini hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur.

  1. Rasa Sakit Pada Bagian Punggung

Efek samping yang berikutnya adalah rasa sakit pada bagian punggung. Entah apa kaitannya operasi caesar dengan bagian punggung. Namun, yang jelas para ibu selalu mengeluh sakit punggung usai proses persalinan operasi caesar. Bahkan, rasa sakit dibagian punggung kerap muncul sepanjang hari.

  1. Harus Minum Antibiotik

Efek samping yang terakhir adalah harus minum antibiotik. Pada dasarnya, memang tidak semua ibu sanggup untuk meminum antibiotik. Ada yang alergi terhadap antibotik, dan ada juga yang tidak. Baik yang alergi ataupun tidak alergi, mau tidak mau antibiotk tersebut harus diminum selama masa pemulihan dan penyembuhan. Hal itu bertujuan agar anda terhindar dari resiko terkena infeksi.

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply