Seputar Operasi Amandel Beserta Biayanya

Operasi tonsilektomi atau yang biasa kita sebut dengan operasi amandel, merupakan upaya pengangkatan amandel yang meradangan dengan cara dibedah. Pengangkatan amandel tersebut bukan berarti diangkat sepenuhnya, melainkan solusi untuk meminimalisir perdangannya. Dengan kata lain, operasi tersebut akan dilakukan sesuai dengan tingkat seberapa parahnya amandel tersebut. Amandel sendiri merupakan organ yang masih termasuk bagian dari tenggorokan, dimana ia berfungsi untuk penangkal bakteri dan virus. Lantas bagaimana bisa terjadinya perdangan pada amandel ? Hal tersebut dikarenkan amandel sudah tidak mampu lagi menahan serangan virus dan bakteri yang terlampau banyak.

Peradangan amandel bisa mengganggu saluran pernafasan, dikarenkan membengkaknya amandel di tenggorokkan. Itu sebabnya, mengapa orang yang menderita radang amandel nafasnya tampak terengah-engah. Terlepas dari semua hal itu, ada 2 teknik dalam proses operasi pengangkatan amandel.

1. Teknik Diseksi

Teknik yang satu ini bisa dikategorikan sebagai teknik modern, dimana amandelnya akan diangkat dan dijepit terlebih dahulu dan setelah itu akan dipotong. Namun, teknik diseksi ini akan memberikan rasa sakit yang cukup menyakitkan pasca operasi amandelnya.

2. Teknik Guilottine

Teknik yang kedua adalah teknik Guilottine, dimana alat potongnya masih menggunakan alat tradisional yakni pisau. Selain itu, pada zaman dahulu teknik Guilottine ini direkomendasikan sebagai operasi mandel orang dewasa. Mengingat teknik yang satu ini dampak buruknya bisa menyebabkan kematian, tak heran jika teknik guilottine sudah jarang dipakai dizaman sekarang ini.

Efek Samping Pasca Operasi Amandel :

1. Rasa Sakit Pada Area Tenggorokan

Pasca pengangkatan amandel ditenggorokan, secara otomatis akan mewariskan bekas luka sayatan disekitar area tersebut. Itu artinya, tenggorokan anda akan terasa sakit apalagi pada saat akan menelan makanan. Disarankan untuk memilih makanan yang bertekstur lembut seperti bubur, nasi tim, dan sebagainya.

2. Pendarahan Pada Area Mulut

Upaya pengangkatan amandel dengan cara dibedah, tentu akan menyebabkan pendarahan diarea sekitar bedah. Namun, jika pendarahannya cukup banyak maka akan keluar dari mulut. Dan yang lebih parahnya lagi, pendarahan tersebut akan membuat anda muntah darah. Sedari itu anda harus segara merawat bekas luka tersebut pasca operasi amandel.

3. Resiko Terkena Infeksi

Mengingat operasi amandel dilakukan dengan cara dibedah, tentu saja akan meninggalkan bekas luka sayatan yang cukup besar. Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka luka tersebut sangat beresiko terkena infeksi.

Biaya Operasi Amandel :

Lantas berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankan operasi amandel ? anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp 10 juta.

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply